PERKEMBANGAN FUNGSI PRAGMATIK PADA ANAK USIA 2,5 TAHUN (STUDI KASUS PADA AZZA AQILA JIHAN SYUASABITHA)
Abstract
The golden age of kid was a sensitive period. During this period, the kid was specially receiving the stimulant from the
environment. The period of kid’s language development was various, dependent on the characteristics. This study related
to the function development of kid’s language. The example case to the girl 2,5 years old, Azza Aqila Jihan Syuasabitha
(Jihan). Jihan was growing in the family environment and child caring. The kid’s language was developing quickly. The
usage of language was devoted to Jihan’s interaction with family members. Collecting data method in this study was the
observation. The subject in this study was the child’s author. This study aimed to describe the development of Jihan’s
speech as child 2,5 years old based on the language function grouping according to M.A.K Halliday. The result of the
study showed the kid can apply all of language function usage. Those are the instrumental, the regulatory, the interactional,
the personal, the heuristic, the imaginative, and the representational. Therefore, she was interpreted has the ability above
average the children the same age. The achievement was influenced by biological factors (parents who have good language
skills) and social environment (in the house, in the school, and so on) which can stimulate Jihan’s language development
Abstrak
Masa keemasan anak merupakan periode sensitif (sensitive periods). Selama masa tersebut anak secara
khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan. Tempo perkembangan bahasa anak
cenderung variatif tergantung karakteristik anak. Penelitian ini berhubungan dengan perkembangan
fungsi bahasa anak. Contoh kasus, Azza Aqila Jihan Syuasabitha (Jihan) anak perempuan yang berusia
2,5 tahun. Jihan besar dalam lingkungan keluarga dan taman penitipan anak. Perkembangan fungsi
bahasanya pesat. Pemakaian bahasa dikhususkan pada interaksi Jihan dengan anggota keluarga.
Pengumpulan data dalam penelitian dengan teknik pengamatan berperan serta. Subjek penelitian ini
adalah anak penulis sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan tuturan
Jihan sebagai anak yang berusia 2,5 tahun berdasarkan pengelompokan fungsi bahasa menurut M.A.K
Halliday. Hasil penelitian menunjukkan anak itu mampu menerapkan keseluruhan fungsi penggunaan
bahasa, yakni instrumental, regulatoris/dogmatis, interaksional, personal, heuristik, imajinatif, dan
representasional. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa anak itu memiliki kemampuan di
atas rata-rata anak seumur dia. Pencapaian tersebut dipengaruhi oleh faktor biologis (orang tua yang
memang memiliki kemampuan berbahasa yang baik) dan lingkungan sosial (di rumah, sekolah, dan
tempat lain).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artikel Dunia Anak. 2015. Pentingnya Pendidikan
Anak Usia Dini. http://belajarpsikologi.com/
pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini/.
Diakses 13 Februari 2015.
Mar’at, S. 2011. Psikolinguistik: Suatu Pengantar.
Bandung: Ferika Aditama.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1992. Analisis
Data Kualitatif. (T. R. (Penerjemah) Rohidi,
Ed.) (I). Jakarta: Penerbit Universitas
Indonesia.
Moleng, L. J. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif
(25th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. 2010. Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. 2012.
Modul Karakteristik Perkembangan Bahasa
Anak. Jakarta.
Sudartinah, T. 2010. Analisis Pragmatik terhadap
Tututran Anak Usia Dua Tahun (Studi Kasus
pada Shihab Fatin Alvan). Yogyakarta.
Sujiono, Y. N. dan B. S. 2010. Bermain Kreatif
Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa.
Bandung: Angkasa.
Yusuf, S. 2009. Psikologi Perkembangan Anak &
Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.47541/kaba.v9i1.4
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Kadera Bahasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by