ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PADA KOP SURAT EDARAN DIKTIS

Agil Rahmat Ramadhan, Agik Nur Efendi, Ach. Nur Ilham, Indina Zulfatur Rahmah, Ni'matul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penulisan pada kop surat Diktis, Kementerian Agama Republik Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap enam belas surat yang di unggah oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sejak bulan September 2020 sampai bulan Mei 2021. Data tersebut diklasifikasi dan dipaparkan dalam bentuk tabel. Data yang sudah terklasifikasi kemudian dianalisis dan diverifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan pada penulisan kop surat edaran Diktis terdapat pada kesalahan penulisan kata sebanyak 100%, sedangkan kesalahan paling sedikit terdapat pada kesalahan penulisan kata asing, yaitu sebanyak 12,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesalahan penulisan kata masih begitu rendah. Dengan demikian, aspek penulisan kata menjadi hal yang perlu dikuatkan kembali. Penelitian ini penting dilakukan sebagai bentuk evaluasi agar menumbuhkan konsistensi dalam hal penulisan surat yang baik dan benar.

Keywords


surat, kop, edaran, penulisan

Full Text:

PDF

References


Amin, M. F., & Suyanto, S. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Surat Undangan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(2): 34—41.

Barton, G. (2012). Don’t Call it Literacy!: What Every Teacher Needs to Know About Speaking, Listening, Reading and Writing. London: Routledge.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Harmer, J. (2006). How to Teach Writing. London: Pearson.

Hasanah, N. (2018). Analisis Kesalahan Gramatika Bahasa Indonesia dalam Surat Resmi di Kantor Desa Mamben Lauk. Prasasti: Journal of Linguistics, 3(1): 98—112.

Hastuti, H. (2019). Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII Semester Genap Mts Al-Khairiyah Way Muli. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 155—168.

Jacobs, H. H. (2014). Active Literacy Across The Curriculum: Strategies for Reading, Writing, Speaking, and Listening. London: Routledge.

Johnny Saldana. (2011). Fundamentals of Qualitative Research. New York: Oxford University Press.

Julianus, J., Simanjuntak, H., & Seli, S. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan, Diksi, dan Kalimat Efektif dalam Penulisan Surat Dinas di Kantor Desa Kiung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3).

Klimova, B.F. (2014). Approaches to The Teaching of Writing Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 112:147—151.

Parera. 1993. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.

Philipp Mayring. (2014). Qualitative Content Analysis Theoretical Foundation, Basic Procedures and Software Solution. Klagenfurt: SSOAR.

Prasetya, A.D.A. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan dan Pilihan Kata pada Surat Dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1): 120—127.

Prihantini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit B First.

Purwandari, H.S. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Surat Dinas Kantor Kepala Desa Jladri. BASASTRA, 1(3).

Rahayu, E. (2018). Analisis Surat Dinas yang Ditulis Siswa Kelas XI SMK PAB 3 Medan Estate. Basastra, 7(1): 77—87.

Rahayu, G.R. (2019). Analisis Kesalahan Surat Dinas Desa Bojongsawah sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1): 82—86.

Sari, V.O. (2018). Keterampilan Menulis Surat yang Baik dan Benar. Edukasi Lingua Sastra, 16(2): 91—100.

Septiani, D., & Saragih, D. K. (2020). Analisis Kesalahan Penerapan Ejaan pada Surat Dinas di Laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (www.kemdikbud.go.id). Proceedings Universitas Pamulang, 1(2).

Shalima, I. (2014). Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia: Tata Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.

Suardi, Indah Permatasari, Syahrul Ramadhan, & Yasnuar Asri. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1): 265—273.

Taufandy, L.A. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Surat Dinas di Kantor Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Periode Maret Tahun 2012. Surakarta: Disertasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wallace, T., Stariha, W.E., & Walberg, H.J. (2004). Teaching Speaking, Listening and Writing. International Academy of Education.

Wise, K. (2005). The Importance of Writing Skills. Public Relations Quarterly, 50(2): 37.

Yupriyanto, Mezi, Supadi, S., & Wardhana, D.E.C. (2019). Analisis Surat Keluar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang. Jurnal Ilm’iah KORPUS, 3(3): 303—312.

Zaini, A. (2019). Kesalahan Penulisan Kop Surat Dinas Instansi Pemerintah di Kota Banjarmasin. Jurnal Undas, 15(2): 187—198.




DOI: https://doi.org/10.47541/kaba.v13i2.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kadera Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by